Keajaiban Pantai Banyu Tibo Pacitan

      No Comments on Keajaiban Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo Pacitan

Kabupaten Pacitan memang sudah cukup populer dengan sejumlah objek wisata yang sangat indah. Bahkan Pacitan juga mencatatkan keunggulan tersendiri dari hamparan lautnya yang tepat berada di kawasan Samudera Hindia.

Salah satu pantai di wilayah Pacitan yang sangat layak untuk dijadikan sebagai referensi wisata yaitu Pantai Banyu Tibo. Dimana pantai yang tepat berada di Desa Widoro, Donorojo ini memiliki sebuah air terjun yang terletak di pinggiran pantai. Sehingga setiap kucuran airnya akan langsung terjun ke pantai selatan.

Nama banyu tibo sendiri merupakan nama yang sengaja diberikan oleh masyarakat sekitar karena air terjun yang ada. Dalam Bahasa Jawa, banyu  tibo memiliki arti air yang jatuh. Keberadaan air terjun itulah yang menjadikan Pantai Banyu Tibo menarik dimata para pengunjung.

Panorama Pantai Banyu Tibo

Ketika berkunjung ke pantai ini Anda tidak akan merasa bosan dengan suasana yang ada di sekitar. Menikmati merdunya deburan ombak, menyantap kuliner khas pesisir pantai serta bermain pasir tentu akan menjadi terlalu biasa, bahkan aktivitas semacam itu dapat dengan mudah dilakukan pada semua pantai yang ada di Indonesia. Namun, di Pantai Banyu Tibo Anda dapat bersantai sambil terus memandangi air terjun yang ada di bibir pantai.

Konon menurut cerita dari warga sekitar, pantai yang satu ini juga pernah dihuni oleh ratu pantai selatan, Nyai Roro Kidul. Meskipun terdengar sedikit menyeramkan, tetapi panorama kecantikan air terjun yang berpadu dengan deburan ombak menjadikan suasana menjadi lebih menyenangkan.

Berada di sisi barat dan timur dari Pantai Banyu Tibo memungkinkan Anda untuk menikmati sensasi pemandangan yang tentunya tidak kalah menarik dibandingkan dengan ombak khas Pantai Selatan. Karena pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan, maka suasananya masih lumayan sepi dan Anda juga dapat membangun tenda jika berniat untuk sepanjang hari menikmati keindahan pantai.

Akses Menuju Pantai Banyu Tibo

Untuk mencapai ke Pantai Banyu Tibo ini Anda perlu menempuh waktu sekitar 45 menit dari pusat perkotaan Pacitan ke arah barat (Solo-Jogja). Setelah Anda melewati kawasan Gua Gong menuju ke arah Pantai Klayar, maka Anda akan bertemu dengan pertigaan. Karena arah lurus merupakan jalur Pantai Klayar, Anda hanya perlu mengambil arah kanan ke Pantai Banyu Tibo.

Anda juga dapat mengambil akses dari Kota Solo menggunakan kendaraan umum menuju ke daerah Paracimantoro, selanjutnya Anda harus menggunakan angkutan lokal hingga ke pertigaan wilayah Desa Widoro. Lanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 4 Km menuju ke Pantai Banyu Tibo. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya menempuh jalur seperti yang dilalui oleh kendaraan umum. Anda dapat membawa motor hingga ke bibir pantai, demikian halnya apabila Anda membawa mobil. Anda dapat memarkirkannya di dekat bibir pantai, tentu saja jika kondisi dari sekitar yang memungkinkan.

Bagi Anda yang gemar berpetualang dan sangat menyukai rintangan, maka Pantai Banyu Tibo sangat tepat untuk Anda kunjungi. Karena Anda perlu melewati jalanan yang berbukit, sempit dan berliku. Sesekali langkah Anda juga mungkin akan terhenti hanya demi menyaksikan keindahan dari bumi Indonesia.

Anda akan sangat menikmati setiap jalanan turunan dan tanjakan dengan ditemani gemuruh angin serta percikan ombak yang dalam beberapa detik sekali menghantam tanah maupun bebatuan yang Anda pijak. Anda dapat sejenak melepas penat dari berbagai aktivitas kerja, sekolah dan kuliah serta meringankan berbagai beban masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *